Berhenti Masturbasi
Renungan Kristen Sehari-hari

Berhenti Masturbasi

(Catatan: Yang Nulis Bukan Ak, Ntar Disangka Ak Cewek Pola)
Selama ini kita mungkin berpikir kalo masturbasi tuh hanya dilakukan oleh para cowok saja. Padahal nggak sedikit juga kaum kita yang juga melakukannya. Bahkan mungkin ada juga di antara kita yang addicted berat ama hal-hal yang nyerempet urusan seks. Kita kecanduan ama hal-hal yang berbau pornografi, mulai dari buku- buku syur sampe blue film segala. Lalu ujung-ujungnya bisa ditebak, kita melakukan masturbasi.

Kita tahu banget kalau hal itu salah. Terkadang kita malu, bahkan rasanya jadi jijik banget ama diri kita sendiri. Bisa-bisanya kita ngelakuin masturbasi. Parahnya lagi, hidup kita sepertinya udah terpola dengan hal itu, jadi kita pun nggak yakin ama diri kita sendiri apakah kita bisa bebas dari ikatan dosa ini.

Girls, meski banyak orang ngomong kalau kebiasaan masturbasi itu sulit dilepaskan, bukan berarti kamu yang udah terlanjur punya kebiasaan buruk ini tidak bisa lepas dari ikatan masturbasi. Asal punya keinginan yang kuat, kamu pasti bisa! Tips-tips berikut ini mungkin bisa bantu kamu.

Dampak Buruk Ruginya seabrek kalau sampe kita punya kebiasaan masturbasi. Sepintar-pintarnya kita menyembunyikan diri, atau bahkan berpura-pura suci, hati kecil kita nggak bisa ditipu. Kita selalu akan merasa bersalah saat ngelakuin hal itu. Lalu kita jadi minder karena merasa diri kita kotor. Selain itu, kita akan jadi malu, jijik dan benci ama diri kita sendiri. Kebiasaan masturbasi akan membuat kita punya cara pandang yang rendah tentang diri kita sendiri, akibatnya kita nggak akan pernah maksimal dalam hidup ini. Kita akan selalu merasa bahwa diri kita nggak berharga. Girls, selama kita belum bisa mengatasi kebiasaan buruk ini, kita akan selalu dikejar-kejar ama rasa bersalah, yang akhirnya bikin hidup kita jadi nggak tenang.

Jaga Pikiran dari Fantasi Seksual Semuanya selalu bermula dari pikiran kita. Saat kita mulai mikir yang ngeres-ngeres 'n ngebayangin yang nggak-nggak, kita pun gampang tergoda untuk ngelakuin masturbasi. Meski dunia berpendapat kalau fantasi seksual itu sah-sah aja (selama nggak melakukan ML) tapi bagi kita sebagai orang percaya, tentu hal itu nggak bisa dibenarkan. Saat pikiran mulai mengarah ke hal-hal yang jorok, cepat alihkan pikiran kita. Itu sebabnya carilah banyak kegiatan yang membuat kita nggak sempat mengkhayal dan ngebayangin hal yang jorok dan ngeres.

Stop Segala Bentuk Pornografi Masturbasi berkaitan erat ama pornografi. Mereka yang suka melakukan masturbasi biasanya punya kebiasaan nonton film porno, baca buku-buku porno atau surfing ke porn-site. Saat libido memuncak akibat melihat visualisasi yang syur, masturbasi jadi penyalurannya. Jadi kalo pengen berhenti dari masturbasi, kita harus berhenti dulu mengkonsumsi hal-hal yang berbau porno. Stop segala bentuk pornografi, maka kebiasaan masturbasi pun akan lebih mudah dilepaskan!

Habiskan banyak waktu bersama orang lain Di masa-masa penyembuhan seperti ini jangan mengurung diri di kamar melulu. Kalau kita menyendiri terus, sangat mungkin kita kembali melihat hal-hal porno lalu bermasturbasi lagi. Isi waktu bersama dengan temen-temen kita. Hidup dijamin lebih asyik dan seru! Selain itu kita bisa juga mengisi waktu bersama keluarga. Ini cara praktis yang diyakini bisa membantu kita lepas dari ikatan masturbasi, sebab kita nggak bakal mengkonsumsi hal-hal yang porno pada saat berada di tengah-tengah mereka, kan?

Takut Akan Tuhan Memang nggak akan ada orang yang tahu apa yang kita perbuat di tempat yang tersembunyi. Bahkan, orang-orang yang paling dekat dengan kita pun mungkin nggak pernah menyangka kalau sebenarnya kita suka banget ngeliat hal-hal yang porno, ngebayangin hal-hal yang jorok, bahkan punya kebiasaan masturbasi! Tapi kita harus inget kalau Tuhan selalu tahu apa yang kita lakukan. Dia selalu melihat apa yang kita lakukan bahkan pikirkan. Itu sebabnya kita perlu belajar hidup takut akan Tuhan. Gimana kalo kita ngelakuin masturbasi dan dilihat orang lain? Maluuuu dong... Seperti itu juga kita harus berpikir bahwa Tuhan selalu melihat apa yang kita lakukan. Malu ama Tuhan dong, kalo sampai kita ngelakuin masturbasi.

Minta Tolong Pada Orang Lain Carilah orang yang benar-benar kamu bisa percayai dan kamu anggap dekat, lalu ceritakanlah masalahmu kepadanya. Ceritakanlah niatmu untuk mengakhiri kebiasaan masturbasi ini. Seandainya ada orang-orang yang bisa mendukung kamu, tentu saja kamu akan lebih mudah mengatasi keterikatanmu itu. Mereka akan selalu mengingatkanmu dan memotivasi kamu bahwa kamu pasti bisa lepas dari kebiasaan buruk itu.

Jangan Merasa Diri Kuat Kalau kamu sudah bisa lepas dari kebiasaan masturbasi. Sebulan, dua bulan, tiga bulan... Jangan merasa diri kuat. Ingatlah bahwa kejatuhan kita di dalam dosa-dosa seksual biasanya karena kita sudah merasa kuat dan merasa nggak bakal jatuh dalam dosa yang sama lagi. Tetaplah bergantung pada Tuhan agar kita tidak kembali pada kebiasaan kita yang lama.
(Sumber : Renungan Spirit)
Label: edit post
Reaksi: 
0 Responses