Firman-Nya Pertama dan Terutama
Santapan Rohani

Firman-Nya Pertama dan Terutama
Matius 4:4

2 Tim 3:16-17 :
16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
17 Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.


Kita semua tentu sudah mengetahui bahwa banyak sekali buku-buku yang menawarkan jalan keluar atas permasalahan kita atau bagaimana menjalani hidup yang bahagia. Mulai dari meditasi yang dicampur dengan unsur Hindu atau Budha, ajaran-ajaran New Age yang benar-benar menghujat Firman Tuhan, sampai kepada materi-materi yang menggagungkan uang dan kekuasaan.

Buku-buku ini menawarkan berbagai macam metode yang setelah kita baca, tampaknya begitu praktis dan dapat langsung dimengerti oleh pikiran kita. Dan seringkali kita merasa sepertinya telah menemukan suatu wahyu baru atau pencerahan yang membangkitkan dan menyegarkan hidup kita.

Bila kita mengalami hal itu, kita sedang masuk ke dalam perangkap si iblis. Iblis tahu bahwa manusia membutuhkan makanan rohani dan dia mencoba mengalihkan manusia ke arah makanan-makanan yang seakan-akan terlihat rohani untuk menjauhkan mereka dari makanan rohani yang sesungguhnya yaitu Firman Tuhan.

Jangan sampai tertipu, saudaraku. Hanya ada satu, satu-satunya, jalan keluar bagi setiap pertanyaan kita dalam hidup ini, yaitu Firman Tuhan. Firman Tuhan adalah pegangan kita selama kita hidup dan sumber makanan rohani kita.

Bila engkau ingin berubah dan diubahkan oleh Tuhan, datanglah kepada Tuhan, minta kuasa-Nya yang mengubahkan dan renungkan Firman Tuhan. Tidak hanya engkau renungkan, tapi taruhlah Firman itu dalam hatimu sampai Firman itu benar-benar tinggal menetap, hidup, dan bertumbuh dalam hatimu.

Bila engkau ingin mengatasi pikiran-pikiranmu yang negatif, pikiran-pikiran yang cabul, pikiran-pikiran yang jahat, jangan lari kepada hal-hal yang lain. Berlarilah kepada Firman Tuhan. Satu-satunya jalan keluar bagi masalahmu ini adalah menggantikan pikiran-pikiran yang salah itu dengan Firman Tuhan tahap demi tahap. Bulatkan tekadmu, andalkan Tuhan, bertekunlah dalam belajar akan Firman Tuhan. Saya percaya, engkau akan mengalami pembaharuan pikiran yang akan membuat matamu terbuka akan perkara-perkara ajaib dari Tuhan. Pikiran yang tenang dan bersih akan menjadi bagianmu. Hatimu akan dipenuhi dengan damai, sukacita, dan ucapan syukur, sebab engkau menanam Firman itu jauh ke dalam lubuk hatimu.

Bila engkau rindu untuk memberitahu orang lain akan kasih Tuhan, mengajar orang lain akan jalan-jalan-Nya dan mengajar mereka bagaimana menjalani hidup ini dengan penuh kemenangan, selalu andalkan Firman Tuhan dan belajarlah dari-Nya. Siapapun kita, tidak memandang status ekonomi, jabatan atau latar belakang pendidikan, dapat mengajar orang lain tentang Firman Tuhan.

Bila kita sungguh-sungguh menghargai dan menjunjung tinggi Firman Tuhan serta hidup di dalam-Nya, kita akan dibawa oleh-Nya kepada perkara-perkara yang ajaib dan indah serta memberi kita pengertian-pengertian yang memampukan kita mengambil keputusan yang bijaksana dalam hidup ini. Firman-Nya itu ajaib, Firman-Nya itu berkuasa, Firman-Nya itu mengubahkan, dan kita tidak akan ada habis-habisnya bersyukur akan Firman-Nya.

Jangan pernah menganggap remeh Firman Tuhan. Mulai hari ini, luangkan waktu untuk belajar dan merenungkan Firman-Nya. Sebab, manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. (Mat 4:4)

Selalu andalkan Firman Tuhan dan belajarlah dari-Nya
Label: edit post
Reaksi: 
0 Responses