Kendalikan Diri Anda
Renungan Kristen Sehari-hari

Kendalikan Diri Anda
Yakobus 1 : 19- 20


Yakobus 1 : 19- 20
1:19
Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;
1:20
sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.

Amsal 15 : 1
15:1
Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah

Kolose 3:8
3:8
Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu

Mazmur 37 : 8
37:8
Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan.

Jenderal Horace Porter pernah menulis tentang percakapan yang diadakannya dengan Jenderal Ulysses S. Grant pada suatu malam ketika mereka duduk-duduk di dekat api unggun. Porter berkata, “Jenderal, tampaknya aneh bahwa anda yang telah menjalani semua tugas ketentaraan di garis depan yang kacau dan kasar, tidak pernah terpancing untuk bersumpah serapah. Saya tak pernah melihat anda mengucapkan sumpah serapah.”

Grant menjawab, “Ya, entah bagaimanapun, saya tidak pernah belajar bersumpah serapah. Ketika saya masih kanak-kanak, saya tidak menyukainya, dan ketika saya menjadi dewasa saya melihat kebodohan dari tindakan itu. Saya juga selalu memperhatikan bahwa bersumpah serapah itu membangkitkan kemarahan seseorang;, dan bila seseorang bangkit amarahnya maka lawannyan yang tetap sabar akan memperoleh keuntungan dari situasi itu, Malah sebenarnya, saya tidak pernah melihat faedahnya bersumpah. Saya rasa banyak orang bersumpah serapah secara berlebihan itu telah melakukannya sebagai kebiasaan … mereka tidak berniat untuk berlaku sopan, setidak-tidaknya, bersumpah serapah itu membuang waktu saja.

Kemarahan bukan saja menimbulkan kata-kata kasar, tetapi kata-kata kasar menyuburkan kemarahan. Orang yang darahnya mendidih menguras kekuatan yang berharga dari dirinya, sehingga hanya meninggalkan sedikit sekali kekuatan yang dibutuhkan untuk berfungsinya roh, pikiran, dan tubuh secara wajar dan sehat.

Untuk melepaskan diri anda dari perasaan marah dan kecewa, mungkin langkah pertamanya ialah menjaga lidah anda.
0 Responses