Jadilah Seperti Diri Anda Sendiri
Renungan Kristen Sehari-hari


Jadilah Seperti Diri Anda Sendiri
Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan
menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita
Roma 12:6

Ayat Firman Tuhan pada topik ini memberi gambaran pada kita bahwa tidak ada seorang pun diantara kita yang sama. Kita berbeda dan unik. Anak kembarpun serupa tetapi berbeda dalam beberapa hal. Allah membentuk kita dalam rahim ibu kita dengan keunikan tersendiri (Maz 139:13-14).

Karena kita unik dan memiliki karunia yang khusus dari Allah, maka untuk berhasil dalam hidup ini, kita tidak boleh menjadi seperti orang lain, tetapi harus menjadi seperti diri sendiri. Kita boleh kagum dengan orang-orang hebat dan berhasil juga dapat bergaul dengan mereka, tetapi harus memakai "sepatu" atau "baju" kita yakni hal-hal yang dianugerahkan dan dikaruniakan Tuhan kepada kita.

Kita harus memiliki keyakinan yang dalam akan diri kita dan kemampuan yang Tuhan berikan kepada kita. Caranya adalah dengan kita memusatkan perhatian pada berbagai kekuatan yang kita miliki dan bukan pada kelemahan dan kekurangan kita. Pertahankan iman yang teguh pada diri sendiri dan kemampuan yang kita miliki untuk meraih apa yang kita cita-citakan. Tidak menjadi soal apapun kekurangan yang ada pada kita, tetap maju dan berkarya. Hadapi segala tantangan secara dewasa.

Alkitab penuh dengan kisah orang-orang yang memiliki berbagai kekurangan dan kelemahan. Tetapi iman mereka akan Allah dan kemampuan yang mereka miliki, telah membantu mereka melakukan hal-hal besar yang menuntun mereka pada sukses dan keberhasilan. "Elia adalah manusia biasa sama seperti kita dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun ... "(Yak 5:17-18)

Ada juga nabi-nabi dalam Alkitab yang dapat kita pelajari sikap dan karakter mereka. Kehebatan dan kekurangan mereka. Begitu juga dengan tokoh hebat dalam dunia sekuler seperti Thomas Edison, Napoleon Bonaparte, Alexander the Great dan beberapa tokoh lainnya. Simaklah langkah-langkah mereka dalam meraih keberhasilan di tengah-tengan tantangan dan keterbatasan yang mereka miliki. Tirulah langkah yang mereka ambil. Kalau mereka berhasil, mengapa kita tidak? Kita juga bisa, jika kita menyadari kuasa Tuhan dan karunia yang Ia berikan kepada kita.

Menjadi Diri Sendiri Lebih Berharga Dari Popularitas.
(Sumber : Buku Renungan Anggur Baru)
Label: edit post
Reaksi: 
0 Responses